Menempel Benang pada Sistem Peredaran Darah
Hari ini saatnya anak-anak kelas 8 B mempelajari Sistem Peredaran Darah pada manusia. Pelajaran dimulai dengan do'a seperti biasanya. Tetapi ada yang tidak biasa. Pemimpin do'a hari ini adalah si fulan yg sering ngantuk. Dia meminpin do'a cukup lama, tidak seperti biasanya. Aku curiga, jangan-jangan dia tertidur. Ha.. ha.. ha... karena do'a yang biasanya hanya beberapa detik, atau paling lama 1 menit, ini lebih dari itu. Akhirnya, aku yang menghentikannya. Dilanjutkan dengan absensi dan mengulang materi kemarin tentang darah dan jantung.
Hari ini tentang Peredaran darah dan pembuluh darah. Sebelumnya, seperti niasa sudah aku siapkan LKS. Kegiatan hari ini, aku mengajak anak-anak menempel benang merah dan biru. Pada LKS terdapat gambar jantung dan aliran pembuluh darah. Anak-anak akan menempelkan benang merah yang melambangkan darah yang kaya karbon dioksida dan benang biru melambangkan darah yang kaya akan oksigen. Di bawahnya juga terdapat tabel perbedaan pembuluh nadi dan vena.
Sebelum mereka melakukan kegiatan, aku membagi mereka dalam kelompok yang beranggota 3-4 orang, dan tentu saja mereka harus membaca buku paket untuk mendapat informasi awal tentang materi. Kemudian kubagikan LKS dan bahan-bahannya seperti benang merah, benang biru, lem dan LKS.
Hari ini mereka senang, karena kembali ke masa Taman Kanak-Kanak. Alhamdulillah, si fulan gak tidur selama pembelajaran. Ternyata 2 jam pelajaran belum cukup untuk melakukan kegiatan, aku berencana melanjutkan diskusi dan presentasi kelompok pada pembelajaran selanjutnya.
Hari ini tentang Peredaran darah dan pembuluh darah. Sebelumnya, seperti niasa sudah aku siapkan LKS. Kegiatan hari ini, aku mengajak anak-anak menempel benang merah dan biru. Pada LKS terdapat gambar jantung dan aliran pembuluh darah. Anak-anak akan menempelkan benang merah yang melambangkan darah yang kaya karbon dioksida dan benang biru melambangkan darah yang kaya akan oksigen. Di bawahnya juga terdapat tabel perbedaan pembuluh nadi dan vena.
Sebelum mereka melakukan kegiatan, aku membagi mereka dalam kelompok yang beranggota 3-4 orang, dan tentu saja mereka harus membaca buku paket untuk mendapat informasi awal tentang materi. Kemudian kubagikan LKS dan bahan-bahannya seperti benang merah, benang biru, lem dan LKS.
Hari ini mereka senang, karena kembali ke masa Taman Kanak-Kanak. Alhamdulillah, si fulan gak tidur selama pembelajaran. Ternyata 2 jam pelajaran belum cukup untuk melakukan kegiatan, aku berencana melanjutkan diskusi dan presentasi kelompok pada pembelajaran selanjutnya.
Penulis: Suzi, guru IPA
O
Komentar
Posting Komentar