Senangnya Belajar Bersama Millealab Melalui VR
Virtual Reality atau disingkat VR merupakan teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia viirtual yang disimulasikan olehh komputer. VR banyak digunakan dalam game untuk membuat sebuah game terasa nyata. Saat ini, VR sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan agar peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari sesuatu.
Generasi Z sekarang sudah sangat akrab dengan teknologi smart phone dan game. Sehingga dengan adanya VR yang digunakan dalam dunia pendidikan membuat belajar serasa bermain game sesuai dengan dunia mereka. Millealab telah menghadirkan platform yang memudahkan pendidik dalam membuat konten pembelajaran Virtual Reality.
Walaupun sekolah kami terletak di tengah lingkungan
persawahan, tetapi kami tetap memperhatikan perkembangan teknologi agar peserta
didik juga dapat mengikuti perkembangan teknologi sesuai dengan visi sekolah
kami, yaitu “Berpengetahuan, Berkarakter, dan Kreatif Berbasis Imtaq
dan Iptek”.
Dalam rangka mewujudkan visi sekolah kami di bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi, kami berusaha mengikuti kegiatan yang
berhubungan dengan teknologi. Saat ini sekolah kami sudah mendapat bantuan
komputer dan tablet, sehingga memungkinkan bagi sekolah mengadakan pembelajaran
yang berbasis komputer. Program kami selanjutnya adalah mengusahakan sambungan
internet yang memadai bagi sekolah. Selama ini, sambungan internet sudah ada,
tapi hanya bagi individu para guru.
Salah satu program yang kami anggap akan mendukung
visi sekolah adalah Program 100 Sekolah Pionir VR. Sebelumnya, salah seorang
guru kami mengikuti diklat Virtual Reality secara online melalui portal MOOC
SEAMOLEC bulan Juni 2019 yang diadakan oleh SEAMOLEC bekerjasama dengan
Millealab.
Setelah itu, Millealab mengadakan kompetisi program
1000 Sekolah Pionir VR SEMOLEC pada tahun 2019. Walaupun sekolah kami belum
memenangkan kompetisi, tapi kami sudah menndapat pengetahuan dan pengalaman
dalam membuat media pembelajaran Virtual Reality. Saat itu merupakan pertama
kali bagi peserta didik kami dikenalkan dengan media pembelajaran VR.
Tanggapan peserta didik terhadap program 1000 Sekolah
Pionir VR sangat positif, sehingga pada saat kami diberikan kesempatan untuk
mengikuti Program 100 Sekolah Pionir VR, kami menerimanya dengan senang hati
dan menerima bantuan 10 unit VR Cardboard
dari Millealab.
Saat ini, sekolah kami
juga mengikuti program 5 Days Study with
Millealab Challenge, kami membuat materi dengan Millealab Creator. Kali
ini, kami membuat konten VR tentang materi IPA. Kami mengikutsertakan semua
siswa di sekolah agar mengenal Virtual Reality. Siswa kami merasa antusias
dalam mengikuti challenge ini.
Sebelum challenge dilaksanakan, kami sudah meminta siswa untuk menginstal aplikasi millealab di handphone mereka. Sekolah juga menyediakan VR Cardboard untuk mengakses konten melalui tampilan VR. Bagi siswa yang tidak memiliki HP, kami menyediakan tablet untuk mengakses konten VR tersebut.
Millealab menyediakan 3 fitur
dalam aplikasinya, antara lain tampilan VR menggunakan kacamata VR cardboard,
tampilan 360o dan tampilan non Gyro. Hal ini membuat konten VR lebih
mudah diakses oleh siswa sesuai dengan perangkat HP nya. Sehingga siswa dapat
belajar dengan menyenangkan sesuai pilihannya. Di dalam konten VR juga terdapat
bermacam bentuk materi seperti artikel, gambar, suara dan video, sehingga
pembelajaran dengan VR juga dapat mendukung pembelajaran berdifrensiasi sesuai
dengan kebutuhan dan minat siswa.
Selama 5 hari kami
mengikuti challenge ini, membuat siswa lebih dekat dengan media VR dalam
belajar. Walaupun hari pertama mereka merasa asing, tetapi untuk selanjutnya,
mereka malah ketagihan dan meminta untuk belajar dengan Millealab kembali. Siswa
dapat memilih perangkat dan tampilan sesuai keinginan mereka. Tanggapan dari siswa antara lain, siswa merasa
senang karena belajar dalam dunia virtual, belajar serasa bermain game, dengan
menggunakan VR materi mudah dipahami dan menyenangkan, serta belajar dengan
Millealab membuat siswa bersemangat dalam belajar.
Kepala UPTD SMPN 2
Jrengik, Drs. Achman Chairuman Efendi, M.Si., sangat mendukung kegiatan ini.
Beliau memberikan arahan agar para guru di sekolah dapat membuat dan
mengembangkan konten pembelajaran VR seperti ini untuk meningkatkan inovasi
pembelajaran para guru dalam rangka memberikan layanan pembelajaran bagi siswa
sehingga visi misi sekolah dapat terwujud.
Komentar
Posting Komentar